Infrastruktur Jaringan LAN dan Telepon

Kebutuhan akan sarana jaringan Intranet dan Telepon mengalami penambahan yang cukup banyak, hal ini mulai dirasakan sejak berdirinya gedung laboratorium terpadu.Kedua prasarana tersebut untuk memberikan kemudahan dalam melakukan komunikasi baik itu komunikasi Voice maupun Data.

Pada masa kepuketan 4 terakhir sudah mengalamai perubahan infrastruktur jaringan baik Intranet maupun Telepon sekaligus perapian dan penambahan kebutuhan prasaran jaringan tersebut dan masih dimanfaatkan sampai sekarang.

Sampai saat ini kebutuhan jaringan Intranet sudah mendekati 150 workstation dan jaringan Telepon sudah mendekati ± 90 extention. Hal ini tidak menutup kemungkinan kebutuhan akan terus bertambah ataupun perubahan karena faktor penataan maupun penambahan ruang.

Kedepan perlu dilakukan penataan ulang infrastruktur jaringan untuk peningkatan kinerja koneksi jaringan. Kendala tidak terkoneksinya jaringan Intranet Workstation dengan Server akibat padamnya listrik, karena kinerja switch sebagai distributor penyalur/penerus koneksi jaringan tidak dilengkapi dengan UPS. Akibatnya semua pelayanan terhadap mahasiswa maupun lainnya tidak bisa dilakukan secara online, dan terkadang berhenti sama sekali atau dihentikannya pelayanan administrasi tersebut.

Untuk tetap memberikan pelayanan terbaik terhadap semua pelayanan secara online tahun depan perlu dilakukan penataan ulang infrastruktur jaringan dengan penempatan switch terpusat agar tetap terjaganya hubungan koneksi Workstation dengan Server apabila tejadi pemadaman listrik, sehingga diperlukan UPS kecil untuk pengganti power Personal Computer Customer (PCC) . Karena itu mohon saran dan kritikan yang berarti untuk pengembangan demi tetap eksis dalam memberikan pelayana

animasi